Cari di Sini

Selasa, 05 Februari 2013

Kendari Bagikan Bibit Jambu Mete Gratis



Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), membagi-bagikan bibit tanaman jambu mete, kepada petani di daerah ini secara gratis.
"Kami telah membagi-bagikan bibit tanaman jambu mete ini secara gratis kepada petani daerah ini," kata Kepala Dinas Petanian (Distan) Kota Kendari, Nedy Patanduk, di Kendari, Minggu.

Ia mengatakan, bantuan bibit tanaman jambu mete yang dibagikan secara gratis tersebut sebanyak 2.000 pohon.

"Pengadaan bibit jambu mete tersebut menggunakan dana alokasi khusus (DAK) Kota Kandari dari Kementerian Pertanian," kata Nedy.

Bantuan ini, katanya, merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah Kota Kendari terhadap petani di daerah ini agar bisa memperluas areal tanam mereka khususnya tanaman jambu mete.

Tanaman jambu mete kata Nedy, merupakan komoditas andalan Sultra secara umum yang terdapat disemua kabupaten/kota se-Sultra termasuk Kota Kendari sebagai sentra produksi tanaman itu.

"Tanaman jambu mete ini merupakan tanaman perkebunan yang bisa dikembangkan hampir disemua kecamatan di Kota Kendari karena ketersediaan lahannya masih cukup," katanya.

Menurutnya, tanaman ini terdapat hampir disemua kecamatan yang ada di Kota Kendari, terutama di Kecamatan Poasia, Kecamatan Abeli, Kecamatan Baruga, Kecamatan uuwatu, Kecamatan Mandonga dan Kecamatan Kambu.

Ia mengatakan, luas areal pengembangan tananan perkebunan secara umum di Kendari mencapai 29.66 hektare termasuk untuk pengembangan tanaman jambu mete.

"Tanaman jambu mete selama ini sudah banyak membantu kehidupan perekonomian masyarakat khususnya para petani yang eksis mengembangkan tanaman ini, sehingga harapan kita ke depan, kehidupan masyarakat bisa lebih sejahtera dari hasil produksi tanaman ini," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar